BLOG PINDAH KE

Selasa, 16 November 2010

St. Bartolomeus


Santo Bartolomeus adalah salah seorang dari kedua belas Rasul. Kita tidak tahu siapa namanya yang sesungguhnya. Bartolomeus adalah nama keluarga: bar-Tolomeus, yang artinya 'anak Tolomeus'. Banyak yang beranggapan bahwa Bartolomeus adalah Natanael.


Bartolomeus berasal dari Kana di daerah Galilea. Ketika diajak oleh temannya, Filipus, untuk menemui Yesus dari Nazaret, ia menggumam, "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia:


Yesus
:
Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada 
kepalsuan di dalamnya!
Bartolomeus
:
Bagaimana Engkau mengenal aku?
Yesus
:
Sebelum Filipus memanggil engkau, 
Aku telah melihat engkau di bawah 
pohon ara.
Bartolomeus
:
Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!
Yesus
:
Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat 
engkau di bawah pohon ara, maka engkau 
percaya? Engkau akan melihat hal-hal 
yang lebih besar dari pada itu. Aku berkata
 kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat 
langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah 
turun naik kepada Anak Manusia.


Sejak saat itu Bartolomeus mengikuti Yesus hingga Ia wafat disalib dan menjadi saksi kebangkitan-Nya.


Bartolomeus mewartakan Injil ke banyak negara termasuk India, di mana ia meninggalkan satu salinan Injil Matius dalam bahasa Ibrani. Bartolomeus termasuk orang yang paling berani di seluruh dunia. Coba bayangkan betapa beraninya ia dan betapa kuat imannya hingga rela dikuliti hidup-hidup. Beberapa orang bahkan mengatakan ia juga disalibkan setelah dikuliti. Karena ia lebih suka mati demi membela imannya, ia masuk dalam himpunan para martir.


Dia ini seorang yang sungguh-sungguh tabah! Oleh karena itu Bartolomeus adalah santo pelindung yang paling tepat bagi orang-orang yang memohon keberanian serta kekuatan iman dalam membela kebenaran. Memang sangat sulit bersikap teguh membela kebenaran jika tampaknya semua orang memusuhi kamu, tapi coba tirulah teladan St. Bartolomeus.


Bartolomeus diangkat sebagai santo pelindung Armenia, di mana ia wafat sebagai martir. Armenia adalah tempat di mana Tabut Perjanjian diletakkan juga tempat di mana burung merpati perdamaian membawa sehelai daun zaitun segar ke bahtera Nuh.


Pada abad ke-4 jenasah Bartolomeus dipindahkan ke sebuah gereja di Roma, di sebuah pulau di tengah-tengah sungai Tiber. Pesta St. Bartolomeus dirayakan setiap tanggal 24 Agustus.




"Bapa, anugerahkanlah kepada kami iman
seperti yang dimiliki St. Bartolomeus hingga ia senantiasa setia kepada Kristus.
Jadikan Gereja-Mu tanda keselamatan bagi seluruh bangsa di dunia. Amin."



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar