BLOG PINDAH KE

Selasa, 16 November 2010

Malaikat Agung St. Mikhael, Gabriel & Rafael


Mikhael, Gabriel dan Rafael disebut “santo” karena mereka kudus. Namun demikian, mereka berbeda dari para kudus lainnya karena mereka bukanlah manusia. Mereka adalah malaikat, mereka melindungi manusia. Kita dapat mengetahui sedikit tentang masing-masing dari mereka dari Kitab Suci.


Nama Mikhael artinya “Siapa dapat menyamai Tuhan?” Tiga kitab dalam Kitab Suci bercerita tentang St. Mikhael, yaitu: Daniel, Wahyu dan Surat Yudas. Dalam Kitab Wahyu bab 12:7-9, kita membaca tentang suatu pertempuran besar yang terjadi di surga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan Satan. Mikhael menjadi pemenang karena setia kepada Tuhan. Kita dapat mohon bantuan St. Mikhael untuk menjadikan kita teguh dalam kasih kepada Yesus dan dalam mempraktekan iman Katolik kita.


Nama Gabriel berarti “Tuhan kemenanganku”. Ia juga disebutkan dalam kitab Daniel. Gabriel kita kenal dengan baik karena ia termasuk salah satu tokoh penting dalam Injil Lukas. Malaikat Agung ini menyampaikan kepada Maria bahwa ia akan menjadi Bunda Juruselamat kita. Gabriel menyampaikan kepada Zakharia bahwa ia dan Elisabet akan dikarunia seorang putera yang akan dinamai Yohanes. Gabriel adalah pembawa warta, utusan Tuhan untuk menyampaikan Kabar Sukacita. Kita dapat mohon bantuan St. Gabriel untuk menjadikan kita pembawa warta, seorang utusan Tuhan seperti dirinya.


Nama Rafael artinya “Tuhan menyembuhkan”. Kita membaca kisah yang menyentuh tentang tugas Rafael dalam kitab Tobit dalam Kitab Suci. Ia memberikan perlindungan serta penyembuhan bagi mata Tobit yang buta. Pada akhir perjalanan, ketika segala sesuatunya telah berakhir, Rafael menyatakan jati dirinya yang sebenarnya. Ia menyebut dirinya sebagai salah satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan tahta Allah. Kita dapat mohon bantuan St Rafael untuk melindungi kita dalam perjalanan, bahkan dalam perjalanan yang amat dekat sekali pun, seperti misalnya pergi ke sekolah. Kita juga dapat mohon pertolongannya ketika kita atau seseorang yang kita kasihi diserang penyakit.

Untuk menghormati ketiga Malaikat Agung ini, marilah kita mengucapkan doa syukur dan pujian kepada Tuhan Allah.

11 komentar:

  1. Terima kasih infonya ya. Saya juga sedang mencari tentang kisah santo dan santa buat koleksi di blog saya. Thx ya. Gbu

    BalasHapus
  2. sama-sama, saya juga credit Yesaya :)
    coba dikunjungi..

    Jbu

    BalasHapus
  3. Lindungilah aku ya malaikat Agung Santo Gabriel, Mikhael dan malaikat Rafael....amen

    Terpujilah Tuhan Yesus sekarang dan selama-lamanya bersama santo dan santaNya di surga...haleluia

    BalasHapus
  4. Yesus mengutus para malaikatnya untuk berdiri ditengah2 kita, mereka menyaru spt manusia, mereka melayani kita dengan sepenuh hati, suka cita dan penuh kasih, mereka hadir sebagai sahabat yang selalu melindungi kita, atau sebagai orang yang tidak kita kenal tapi rela berkorban demi kita, kenapa Yesus mengutus mereka ? ya karena besar kasihNya kepada manusia, Malaikat itu nyata, yang di surga maupun di bumi, seperti Yesus, kasihNya nyata kepada manusia, " Jadilah kehendak Mu, disurga maupun diBumi" Ave Crux,

    BalasHapus
  5. Selamat malam
    Mau tau niech ada tidak wadah atau group Katolik untuk Tanya Jawab seputar Cinta Kasih Sejati ke pada Tuhan dan Sesama

    Hormat saya
    Albertus Rafael Titus
    Asal Paroki Santa Maria Anuntiata Sidoarjo Keuskupan Surabaya

    Berkah Dalem

    BalasHapus
  6. semoga iman kepercayaann umat di dunia semakin teguh kepada Tuhan

    BalasHapus